Buku: Instructional Design: The ADDIE Approach, Robert Maribe Branch

instructional-design-the-addie-approachIstilah ADDIE merupakan singkatan dari Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluation. ADDIE telah banyak diterapkan dalam lingkungan belajar yang telah dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan landasan filosofi pendidikan penerapan ADDIE harus bersifat student center, inovatif, otentik dan inspriratif. Konsep pengembangannya sudah diterapkan sejak terbentuknya komunitas sosial. Pembuatan sebuah produk pembelajaran dengan menggunakan ADDIE merupakan sebuah kegiatan yang menggunakan perangkat yang efektif. ADDIE yang membantu menyelesaikan permasalah pembelajaran yang komplek dan juga mengembagkan produk-produk pendidikan dan pembelajaran Tujuan penulisan buku ini adalah untuk memperkenalkan pendekatan ADDIE sebagai landasan proses dalam membuat sumber-sumber belajar secara efektif.

ADDIE-model1.    Langah-langkah Desain Model ADDIE

  1. Analyze – Analisis

Langkah-Langkah Analisis

  1. Validasi kesenjangan kinerja
  2. Merumuskan tujuan instruksional
  3. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik
  4. Mengidentifikasi sumber-sumber yang dibutuhkan
  5. Menentukan strategi pembelajaran yang tepat
  6. Menyusun rencana pengelolaan program/proyek

Langkah-langkah tersebut diuraikan lebih terperinci sebagai berikut:

  • Menilai Kinerja: Mengukur kinerja actual, Menetapkan kinerja yang ingin dicapai, Mengidentifikasi penyebab
  • Merumuskan tujuan Instruksional: Menggunakan taksonomi Bloom, Taksonomi lain.
  • Mengidentifikasi karakter peserta didik: Kemampuan, pengalaman, motivasi, Sikap dan Lain-lain
  • Mengidentifikasi sumber-sumber: Mengidentifikasi pilihan-pilihan, Pertimbangan waktu, Konten, teknologi, fasilitas dan manusia
  • Menentukan strategi pembelajaran yang tepat: Mengidentifikasi pilihan-pilihan, Pertimbangan waktu,      Biaya setiap fase ADDIE,  Biaya keseluruhan.
  • Menyusun rencana kegiatan: Anggota Tim, batas-batas yang berarti, jadwal, Laporan akhir.

a.    Design – Desain

Tujuan: Memverifikasi kinerja yang akan dicapai dan pemilihan metode tes yang sesuai.

Langkah-langkah umum yang ditempuh dalam mendisain pembelajaran adalah:

  1. Menyusun daftar tugas-tugas
  2. Menyusun tujuan kinerja
  3. Menyusun strategi tes
  4. Menghitung investasi/biaya yang dikeluarkan

Komponen Disain: Diagram susunan tugas, Perangkat pelengkap tentang tujuan pembelajaran, Perangkat tes lengkap, Strategi Tes, Proposal investasi/biaya yang dikeluarkan

  1. Develop – Pengembangan

Tujuan: Menghasilkan dan memvalidasi sumber-sumber belajar

Fase Pengembangan

  1. Generate Content
  2. Select or develop Supporting Madia
  3. Develop guidance for the student
  4. Develop guidance for the teacher
  5. Conduct formative revisions
  6. Conduct a pilot tes

Tahapan ini merupakan tahapan produksi dimana segala sesuatu yang telah dibuat dalam tahapan desain menjadi nyata. Langkah-langah dalam tahapan ini diantaranya adalah: membuat objek-objek belajar (learning objects) seperti dokumen teks, animasi, gambar, video dan sebagainya; membuat dokumen-dokumen tambahan yang mendukung. Pengembangan merupakan langkah ketiga dalam mengimplementasikan model desain sistem pembelajaran ADDIE. Langkah pengembangan meliputi kegiatan membuat, membeli, dan memodifikasi bahan ajar. Dengan kata lain mencakup kegiatan memilih, menentukan metode, media serta strategi pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan materi atau substansi program.

  1. Implement – Implementasi

Pada tahapan ini sistem pembelajaran sudah siap untuk digunakan oleh pemelajar. Kegiatan yang dilakukan dalam tahapan ini adalah mempersiapkan dan memasarkannya ke target pemelajar

  1. Menyiapkan Guru
  2. Menyiakan Pemelajar

Implementasi atau penyampaian materi pembelajaran merupakan langkah keempat dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Tujuan utama dari langkah ini antara lain sebagai berikut.

  • Membimbing pemelajar untuk mencapai tujuan atau kompetensi.
  • Menjamin terjadinya pemecahan masalah/ solusi untuk mengatasi kesenjangan hasil belajar yang dihadapi oleh pemelajar.
  • Memastikan bahwa pada akhir program pembelajaran, pemelajar perlu memilki kompetensi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang diperlukan.

 5. Evaluate – Evaluasi

Tujuan dari fase evaluasi adalah mengukur kualitas dari produk dan proses sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan.

Prosedur utama dari proses evaluasi adalah :

  1. Menentukan kriteria evaluasi
  2. Memilih alat untuk evaluasi
  3. Mengadakan evaluasi itu sendiri

Hasil dari evaluasi adalah perencanaan evaluasi.

Komponen dari perencanaan evaluasi adalah :

  • Sebuah ringkasan tentang tujuan, alat pengumpul data, tanggung jawab terhadap waktu dan perorangan/group  untuk setiap level evaluasi
  • Satu set kriteria penilaian evaluasi
  • Satu set alat untuk evaluasi

 Konsep Penting Dalam Desain Instruksional Model ADDIE

  1. Tahap Analisis

Kosep menarik dari tahap ini adalah bagaimana seorang perancang instruksional melakukan analisis kinerja untuk mengetahui dan mengklarifikasi apakah masalah kinerja yang dihadapi memerlukan solusi berupa penyelenggaraan program pembelajaran atau perbaikan manajemen, apakah masalah tersebut adalah benar-benar masalah dan membutuhkan upaya untuk penyelesaian. Disamping itu kemampuan menganalisis kebutuhan, juga merupakan langkah yang sangat penting untuk menentukan kemampuan-kemampuan atau kompetensi yang perlu dipelajari oleh pemelajar untuk meningkatkan kinerja atau prestasi belajar.

 2. Tahap Desain

Langkah penting yang dilakukan dalam tahap desain adalah bagaimana seorang perancang instruksional mampu menetapkan pengalaman belajar atau learning experience seperti apa yang perlu dimiliki oleh pemelajar selama mengikuti aktivitas pembelajaran. Hal tersebut berkaitan juga dengan akltifitas mendesain, daftar tugas, Perangkat pembelajaran, dan penyusunan strategi tes, dan rancangan investasi program.

3. Tahap Pengembangan

Konsep penting dalam tahap ini adalah bahwa seorang perancang instruksional harus memiliki kemampuan mencakup kegiatan memilih dan menentukan metode, media, serta strategi pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan materi atau substansi program pembelajaran.

 4. Tahap Implementasi

Konsep penting pada tahap implementasi, adalah bagaimana perancang instruksional mampu memilih metode pembelajaran seperti apa yang yang paling efektif dalam menyampaikan bahan atau materi pembelajaran. Bagaimana upaya menarik dan memelihara minat pemelajar agar mampu memusatkan perhatian pada penyampaian materi.

5. Tahap Evaluasi

Konsep penting dari tahapan evaluasi model ADDIE adalah bagaimana seorang perancang instruksional mampu melakukan evaluasi keseluruhan model, dari tahap awal sampai akhir. Langkah-langkah yang penting dalam evaluasi model ADDIE adalah bagaimana menentukan kriteria evaluasi, memilih alat untuk evaluasi, dan mengadakan Evaluasi itu sendiri. Kegiatan evaluasi setidaknya mampu menjawab pertanyaan sebagai berikut: bagaimana sikap pemelajar terhadap kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, bagaimana peningkatan kompetensi dalam diri pemelajar yang merupakan dampak dari keikutsertaan dalam program pembelajaran, dan keuntungan apa yang dirasakan oleh sekolah akibat adanya peningkatan kompetensi pemelajar setelah mengikuti program pembelajaran.

3.    Kendala dalam Implementasi di tempat kerja

Kendala yang mungkin dihadapai dalam implementasi ditempat kerja.

  1. Pada tahap analisis: dimana pada saat melakukan anailisis kinerja dan analisis kebutuhan, kekhawatiran tidak fokusnya guru dalam menganalisis kinerja dan kebutuhan, apakah analisis yang dilakukan memang benar-benar suatu hal yang sangat urgen. Jika hal tersebut terjadi maka akan sangat berpengaruh terhadap tahapan desain selanjutnya.
  2. Pada tahap desain: Kendala yang mungkin dihadapi adalah menetapkan pengalaman belajar kepada pemelajar, hal ini terkait dengan desain tes, perangkat pembelajaran, yang membutuhkan biaya, kendala utama adalah jika dalam mengembangkan program tidak didukung oleh dana yang cukup dari sekolah.
  3. Pada tahap pengembangan: Kendala yang mungkin dihadapi adalah tidak tersedianya media yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, dan karakteristik pemelajar, padahal media yang dimaksudkan sangat menunjang ketercapaian kompetensi bagi pemelajar.
  4. Pada tahap Implementasi: Kendala yang dihadapi pada tahap ini, bisa datang dari pembelajar maupun dari pemelajar itu sendiri, dari pihak pembelajar, adanya ketidak sesuaian metode yang sudah dirancang sejak awal dengan metode yang dilakukan dilapangan, hal ini mungkin saja terjadi jika kondisi dilapangan tidak mendukung untuk menerapkan metode yang telah ditetapkan. Sementara dari pihak pemelajar, adalah menurunnya minat belajar pada saat penyampaian materi.
  5. Pada tahap evaluasi: kendala yang mungkin dihadapi adalah bagaimana menentukan kriteria evaluasi, memilih alat untuk evaluasi, dan mengadakan evaluasi secara akurat yang sesuai dengan kondisi yang diharapkan.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke Buku: Instructional Design: The ADDIE Approach, Robert Maribe Branch

  1. ali berkata:

    Nice Post!
    mau tanya terkait postingannya, ini isi buku ADDIE.nya ya? atau ringkasannya?

  2. Muzakir berkata:

    Mau tanya, ADDIE di sini pengarangnya atau hanya singkatan..
    jika memang nama nya tolong dkasih tahu nama lengkapnya, dan jika hanya singkatan, siapa nama pengembangnya? trims..
    mohon dbls.

    • zulrahmattogala berkata:

      Assalam Pak Muzakkir

      ADDIE adalah singkatan dari Analize, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. ADDIE adalah sebuah model pengembangan instruksional yang bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalah pembelajaran yang komplek dan juga mengembagkan produk-produk pendidikan dan pembelajaran. Pengarangnya adalah Robert Maribe Branch.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s