About

d626fc9611549010c3cf0917e52fe71f

Zulrahmat Togala

lahir disebuah desa kecil di pinggiran kota kendari 43 tahun lalu, bersama saudara tertuanya, anak ke 2 dari 5 bersaudara ini menghabiskan masa kecil yang ceria sebagai penggembala sapi, ngangkut air dari sumur kerumah, dan kumpulin kayu bakar, adalah cerita menyenangkan sebagai bagian dari pengalaman masa kecil. …Ndak percaya…tanyakan pada rumut yang bergoyang….he he he….

Menamatkan pendidikan sekolah dasar di SDN 1 Wua-wua, selama 2 tahun, eiiit…jangan heran … (empat tahun di SD Lapulu, jangan khawatir masih Indonesia juga), setelah itu lanjut di SMP N 3 Wua-wua, tamat tahun 2004, dan melanjutkan pendidikan tingkat menengah atas di STM Negeri 1 Kendari dan tamat tahun 1987.

Alhamdulillah pernah merasakan pengalaman menjadi penganggur selama 2 tahun setelah tamat STM,  sebagai korban dari ulah oknum di kemendikbud Prov. Sultra, yang membatalkan keberangkatan melanjutkan pendidikan di PPPGT Bandung, buah dari prestasi sebagai lulusan terbaik STM Negeri Kendari Jurusan Listrik tahun 1987, membuat cita-cita untuk menjadi guru sempat gagal.

Namun jodoh nggak lari kemana… begitu kata lirik sebuah lagu … entah apa judulnya…Tahun 1995 tamat dari  IKIP Ujung Pandang (sekarang UNM-Makassar) jurusan Pendidikan Teknik Elektro, kemudian mengabdikan diri di almamater STM Negeri 1 Kendrai, hingga tahun 1998.

Dalam tahun yang sama, tepatnya tanggal 10 Mei 1998, Pukul 10. 00 Wita   megucapkan ijab qabul sebagai tanda ikatan pernikahan dengan seorang gadis….bernama Mey Syamsuddin. … singkat aja ya… apa mau diceritain juga kejadiannya ? Ok…Pendekatannya Kontekstual , domainnya cenderung Psikomotor…tetapi  ada landasan Kognitifnya, dan sedikit sentuhan Afeksi.  belum tau juga ? … learning by doing aja…
Alhamdulillah sudah dikaruniai 1 putera dan 1 puteri.

Menjadi Guru tetap di MAN 1 Kendari hingga sekarang (15 tahun).

Pengalaman mengajar, sebagai guru keterampilan Radio & TV MAN 1 Kendari, seni Budaya, Geografi, PKn, TIK, Olah Raga, Sejarah,… entah apa lagi…

Selain itu pernah diberikan tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum di  MAN 1 Kendari, dan Kepala Sekolah MA Swasta Asy-Syafi’iyah Kendari.

Menyelesaikan Program Magister Pendidikan di universitas Kanjuruhan Malang tahun 2009. dengan predikat cum laude.

Kegiatan Akademik lain yang dilakukan adalah sebagai Instruktur pada Program Peningkatan Profesionalisme Guru PAI yang dilaksanakan STAIN Kendari selama, Dosen Tamu pada Program Kualifikasi Guru PAI di STAIN Kendari mata kuiah Teknologi Informasi & Komunikasi, dan sebagai Asesor BAP S/M sejak tahun 2006.

Karya ilmiah yang pernah ditulis khususnya yang berhubungan dengan pengembangan Bahan Ajar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, juga melakukan Penelitian Tindakan Kelas sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan sekaligus m,embantu menyelesaikan persoalan guru sebagai pengajar maupun siswa sebagai pemelajar.

Sejak 3 September Tahun 2012, tercatat sebagai mahasiswa Program Pascasarjana S3 Teknologi Pendidikan pada Universitas Negeri Jakarta.

2 Balasan ke About

  1. Suci Lestari berkata:

    Assalamualaikum, Pak Zul.
    Perkenalkan saya Suci Lestari, mahasiswi S1 TP UNJ yang sedang menyelesaikan penelitian skripsi. Saya sudah membaca artikel Bapak mengenai isi buku Robert Maribe Branch berjudul Instructional Design: ADDIE Approach. Jika Bapak tidak berkeberatan, bolehkah saya meminta alamat email Bapak untuk berdiskusi mengenai buku tersebut?
    Terima kasih banyak Pak.
    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s